Minggu, 01 Juni 2008

RPP Bahasa Inggris SMP

RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Tema : Kesehatan
Sub Tema : Tubuh Kita
Aspek / Skiil : Writing
Kelas : VIII
Semester : 1 (satu)
Waktu : 2 x 40 menit ( 1 x pertemuan )

I. STANDAR KOMPETENSI
Berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancer dan akurat dalam wacana interaksional dan atau monolog terutama dalam wacana berbentuk naratif, recount, dan deskriptif dan Anekdot.
II. KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan nuansa makna-makna dengan langkah-langkah pengembangan retorika yang benar didalam teks tertulis terutama yang berbentuk naratif, deskriptif, recount dan Anekdot.
III. TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS.
Setelah mendengar penjelasan dari guru siswa dapat menuliskan jawaban berdasarkan gambar dengan cara memberikan nomor pada bagian tubuh dengan tepat.
Siswa dapat mengucapkan dengan lafal yang benar kata-kata yang berhubungan dengan bagian-bagian tubuh manusia, setelah mendapat contoh dari guru.
Siswa dapat menemukan informasi tentang fungsi bagian-bagian kita.
Siswa dapat menuliskan kata – kata yang menunjukkan rasa sakit sesuai dengan gambar.
Siswa dapat menyusun kata-kata yang diberikan secara acak menjadi suatu kalimat yang benar.
IV. MATERI PELAJARAN
1. Tema : Kesehatan
2. Sub tema : Tubuh Kita
3. Materi Pelajaran : Buku paket Bahasa Inggris untuk SLTP kelas 2 karangan Mizan
halaman 16 dan 16
4. Alat Peraga : Gambar tubuh manusia, anatomi tubuh, realita.
V. Metode : Pedekatan CTL



WRITTING
Look at the following pictures. Then Gives the numbers to the correct parts of the body.


Make the sentences by using the following pictures. The words in the box can help you. Look at the example.



c. Arrange the following words to make sentences.
and-home-was-yesterday-Mr.Yusuf-sick-stayed.
a-cough-He-and-had-cold-a-bad.
for-throat-he-some-needed—medicine-sore-his.
too-sick-was-wife-his.
temperature-his-Mr.Yusuf-took-wife’s.

VI. ALOKASI WAKTU : 2 x 45 menit.

VII. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR.
A. Kegiatan Awal
1. Tanya Jawab berbagai hal yang terkait dengan kondisi siswa
2. Siswa menjawab pertanyaan tentang apa yang ditanyakan guru.
3. Guru memberikan pertanyaan yang mangacu kepada materi pelajaran
4. Guru memberi motivasi
B. Kegiatan Inti.
1. Guru memberikan instruksi secara lisan.
2. Guru menuliskan nomor-nomor pada bagian tubuh yang tepat.
3. Guru memeriksa pekerjaan siswa.
4. Siswa mengucapkan dengan lafal yang benar nama-nama bagian tubuh manusia setelah mendapat contoh dari guru.
5. Siswa menuliskan dengan benar jawaban yang menunjukkan rasa sakit dengan cara mencocokkan atau menjodohkan dengan gambar.
6. Guru memeriksa pekerjaan siswa.
7. Siswa menyusun kata-kata yang diberikan secara acak.
8. Guru memeriksa pekerjaan siswa.
C. Kegiatan akhir.
1. Guru memberikan penegasan dan kesimpulan tentang pelajaran yang telah diajarkan.
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan hambatan dan kesulitan. Yang dialaminya selama proses belajar mengajar dengan cara bertanya tentang materi yang diajarkan.
3. Guru memberikan tindak lanjut berupa penugasan dan PR.
4. Guru mengadakan evaluasi.
VIII. Penilaian.
A. Prosedur : a. Penilaian proses belajar dilaksanakan selama KBM.
b. Penilaian hasil belajar dilaksanakan setelah KBM setelah evaluasi
dilaksanakan.
B. Bentuk : Pertanyaan lisan dan tulisan
C. Instrumen :
I. Write the right answer after your teacher give some question.
1. What is it ? (Guru menunjukkan atau memegang hidungnya)
2. What is it ? (Guru memegang kepalanya)
3. We listen the music with our ......?
4. We looking something use........?
5. It is my ........? ( Guru memegang bahunya )
6. It is my..........? ( Guru menunjukkan jari-jarinya )
7. What the matter with me (Guru pura-pura sakit perut)
8. What the matter with me (Guru pura-pura demam / menggigil)
9. What matter with me (Guru pura-pura sakit kepala)
10. We tasting the food with our.........


II. Arrange the following word
1. a-had-fever-Pak Singgih
2. is-Pak Wawan-food-tasting-some
3. Drugstore-He-medicine-buys-in-the
4. should-people-exercise-many-healty-to get.
5. wants-nobody-to-be-sick.
Kunci Jawaban :
I. 1. Nose
2. Head
3. ear
4. eye
5. shoulder
6. finger
7. stomachache
8. fever
9. headache
10. Tongue
II. 1. Pak Singgih had a fever
1. Pak Wawan is tasting some food
2. He buys medicine in drugstore
3. Many people should exercise to get healthy
4. No body wants to be sick

D. Pedoman Penilaian
I. Bagian I : Tiap nomor benar diberi skor I
Bagian II : Tiap nomor benar diberi nilai 2
2. Skor maksimal
Bagian I : 10 x 1 = 10
Bagian II : 5 x 2 = 10
Jumlah Skor = 20
3. Nilai Maksimal 10
4. Nilai Siswa
Skor perolehan Bagian I + skor perolehan bagian = skor maksimal
E. Rubrik Penilaian
No
Uraian
Skor
Bagian I
1 s.d 10
1. Setiap jawaban benar, penulisan kata benar, pilihan kata tepat
2. Setiap jawaban salah, penulisan kata tidak tepat, pilihan kata salah.
1
0
Bagian 2
1. Setiap jawaban benar, susunan kata benar, penulisan kata benar.
2. Setiap jawaban benar, penulisan kata tidak tepat.
3. Setiap jawaban salah, susunan kata salah
4. tidak ada jawaban
2
1
0
0

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



________________ _______________
NIP. NIP.


PELAKSANAAN PENGAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Tema : Fauna
Sub Tema : Hewan di Indonesia
Aspek / Skiil : Reading
Kelas : VIII
Semester : 2 (dua)
Waktu : 2 x 40 menit ( 1 x pertemuan )

I. STANDAR KOMPETENSI
Berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat dalam wacana interaksional dan atau monolog terutama dalam wacana berbentuk naratif, recount, dan deskriptif dan anekdot.
II. KOMPETENSI DASAR
Memahami nuansa makna dan langkah-langkah pengembangan retorika didalam teks tertulis terutama yang berbentuk naratif, deskriptif recount dan anekdot.
III. TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS.
1. Dengan membaca wacana yang berjudul National Park Siswa dapat menemukan informasi tersurat pada teks bacaan dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan .
2. Setelah membaca wacana yang berjudul National Park Siswa dapat menemukan informasi tersirat pada teks bacaan dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan
3. Setelah mendapat penugasan dari guru siswa dapat membaca nyaring secara bermakna ragam tulis dengan ucapan dan informasi yang menunjang pemahaman pendengaran.
IV. MATERI PELAJARAN
1. Tema : Fauna
2. Sub tema : Hewan di Indonesia
3. Materi Pelajaran : a. Buku Paket Bahasa Inggris untuk SLTP kelas 8 karangan Mizan halaman 68
dan 16.
b. LKS Bahasa Inggris NURI untuk SLTP kelas 8 CV. Putra Nugraha halaman
21 dan 22.
V. Metode : Pedekatan CTL



Reading
Reading this text carefully
National park is an area provided for preservation of its national condition: It is for scientific purposes, research and tourism. It is announced by the government for home of certain rare species of fiora and fauna to safeguard them.
There are some national parks. They are follows. The Ujung Kulon National Park. It is has been a natural shelter for rare animals in Java such as: wild ox, deer, grey gibbon, leopard, Java Rhino. It is also a shelter for some of the tract of low land in Java. It is covered by palm and bamboo trees, ginger and bush that become rhinos food.
The Gunung Leuser National Park. This largest park lies between Aceh and North Sumatra. It covers 946,400 hectares at altitude 3,406 above sea level. Sumatra has the richest and the biggest fauna in Indonesian. The animals that live there are wild elephants, tigers, orangutans, black siarnangs, Sumatra Rhinos, tapirs, reptiles and birds. It is still the original forest where some animals like to live.
The Komodo National Park. Is stretches over an area of 171,500 hectares. It consists of three islands: Komodo, Badur and Rinca in western part of East Nusa Tenggara. It is the only place in the word where the prehistoric reptiles have survived nowadays. Komodo is the largest lizard. It can grow till 4 m length and 140 kg weight.
We can help to conserve wildlife directly by obeying hunting and fishing laws, planting bushes and shrub to provide food and shelter for wildlife.

Answer the questions based on the text above !
1. What is the suitable of the text above ?
Answer : .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
2. Does National park important ? Why ?
Answer : .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
3. ....to safe guard them. What does the word them mean ?
Answer : .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
4. What animals can we find in Ujung kulon ?
Answer : .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
5. What plants can we find in Ujung Kulon ?
Answer : .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
6. What park lies between Aceh and North Sumatra ?
Answer : .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
7. Mention the animals which live there !
Answer : .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
8. Where does Komodo National park lie ?
Answer : .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
9. It is the place only plac in the word. What does the word “it” refer to ?
Answer : .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
10. What can we do to participate in wildlife conservation ?
Answer : .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................

VI. Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
VII. Kegiatan Belajar Mengajar
A. Kegiatan Awal
1. Tanya Jawab berbagai hal yang terkait dengan kondisi siswa
2. Siswa menjawab pertanyaan tentang apa yang ditanyakan guru.
3. Guru memberikan pertanyaan yang mangacu kepada materi pelajaran
4. Guru memberi motivasi

B. Kegiatan Inti.
1. Guru memberikan instruksi secara lisan.
2. Siswa membaca teks yang telah disediakan .
3. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan .
4. Guru membimbing siswa.
5. Siswa dan Guru membahas pertanyaan-pertanyaan tentang wacana yang telah tersedia.
6. Siswa mengoreksi hasil pekerjaannya.
7. Guru membimbing siswa untuk membaca wacana dengan lafal yang benar.
8. Guru menyuruh beberapa orang siswa untuk membaca wacana dengan lafal yang benar seperti yang di contohkan guru.

C. Kegiatan akhir.
1. Guru memberikan penegasan dan kesimpulan tentang pelajaran yang telah diajarkan.
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan hambatan dan kesulitan. Yang dialaminya selama proses belajar mengajar dengan cara bertanya tentang materi yang diajarkan.
3. Guru memberikan tindak lanjut berupa penugasan dan PR.
4. Guru mengadakan evaluasi.

VIII. Penilaian.
A. Prosedur : Penilaian proses belajar dilaksanakan selama KBM.
B. Bentuk : Pertanyaan lisan dan tulisan
C. Instrumen :



I. Read the following text carefully !
The forest in Indonesia contain many animals. Two of the most beautiful animals are leopards and panthers. They eat birds, lizards and other small animals. These animals can grow up to two meters long. We can still find elephants in our forests. Elephants are the biggest animals in the world today.
The famous animals from Sumatra and Kalimantan are orang utans. These animals can grow up to two meters tall. They have short legs and long arms. They eat fruit and vegetables.
Rivers in Indonesia also contain interesting animals such as crocodiles and snakes. Some crocodiles grow up to six meters long.
Sometimes crocodiles and snakes attack people. Their skin is very valuable and people make bags and belts from them.

Answer the following question
1. What are two of the most beautiful animals in Indonesia forest ?
2. What do they eat ?
3. How long these animals can grow up ?
4. Where are orang utan from ?
5. What does an orang utan eat ?
6. What animals do the rivers in Indonesia contain ?
7. How long some crocodiles can grow up ?
8. Why are snakes and crocodiles valuavel
Kunci Jawaban
Two of the most beautiful animals are leopards and panters.
They eat birds, lizards and other small animal
These animal can grow up to two meters long.
Orang Utan from Sumatra and Kalimantan
Orang Utans eat fruit and vegetables
crocodis and snakes.
Some crocodiles can grow up to six meters long.
Because the people can bags and belts from their skin.

D. Pedoman Penilaian
1. Tiap nomor benar diberi skor 5
2. Skor maksimal : 8 x 5 = 40
3. Nilai maksimal 10
4. Nilai siswa
E. Rubrik Penulisan
No
Uraian
Skor
1 s/d 8
· Setiap jawaban yang benar, tata bahasa benar, pilihan kata tepat dan lafal benar.
· Setiap jawaban benar, tata bahasa kurang tepat, pilihan kata tepat dan lafal benar.
· Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata kurang tepat dan lafal benar.
· Setiap jawaban benar, tata bahasa salah pilihan kata dan lafal kurang tepat
· Setiap jawaban kurang tepat, tata bahasa salah plihan kata dan lafal salah.
· Tidak ada jawaban

5
4
3
2
1
0

Mengetahui,Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

________________ _______________

RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Tema : Di sekitar kita ( Thing around us)
Sub Tema : Present continuos tense.
Aspek / Skiil : Writing
Kelas : VIII
Semester : 2 (dua)
Waktu : 2 x 40 menit ( 1 x pertemuan )

I. STANDAR KOMPETENSI
Berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat dalam wacana interaksional dan atau monolog pendek terutama wacana yang berbentuk naratif, deskriptif dan recount sederhana.
II. KOMPETENSI DASAR
Mengembangkan nuansa makna dengan langkah-langkah pengembangan retorika yang benar didalam teks tertulis naratif / recount deskriptif sederhana.
III. TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
1. Setelah mengamati gambar siswa dapat menuliskan 3 kalimat Present Continuous Tense.
2. Setelah mengamati kegiatan-kegiatan siswa didalam kelas, siswa dapat menuliskan 3 kalimat Present Continous Tense.
3. Setelah mengamati kalimat-kalimat yang ditulis oleh guru dipapan tulis siswa dapat menyebutkan 3 macam to be (kata bantu).
4. Setelah mengamati kalimat-kalimat yang ditulis oleh guru dipapan tulis siswa dapat membedakan penggunaan to be ( kata bantu)
5. Setelah mengamati kalimat-kalimat yang ditulis oleh guru siswa dapat menuliskan 3 macam keterangan waktu untuk Present Continouse Tense.
6. Setelah mendapat penugasan dari guru siswa dapat membuat 3 kalimat sendiri dengan menggunakan Present Continuous tense.


Materi Pelajaran
A. Sumber : 1 Buku Paket
2. LKS
A.

3. Interrogative sentences
Be
Subject
Verb-ing
Object
Adverb
?
Is
Is
Are
Are
Your sister
Mary
You
Ade and Ari
Cleaning
Washing
Paying
playing
The bathroom
The dishes
Attention
football
Now
In the kitchen
To the teacher
now
?
?
?
?

Look at the picture below.
Write short dialogs based on the pictures.



V. ALOKASI WAKTU : 2 x 45 MENIT.

VI. METODE PEMBELAJARAN : PENDEKATAN CTL

VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

A. Kegiatan Pendahuluan
1. Tanya Jawab guru dengan siswa berbagai hal yang terkait dengan kondisi siswa.
2. Guru memberi pertanyaan yang mengacu kepada materi.
3. Guru memberi motivasi.
B. Kegiatan Inti.
1. Guru memperlihatkan gambar kepada siswa.
2. Siswa membuat kalimat Present Continuous Tense sesuai gambar.
3. Guru menulis kalimat Present Continuous Tense sesuai dengan apa yang diucapkan oleh siswa.
4. Siswa membuat kalimat Present Continuous Tense setelah mengamati kegiatan-kegiatan siswa dan guru di dalam kelas.
5. Guru memeriksa pekerjaan siswa
6. Siswa menyebutkan 3 macam to be ( kata bantu )
7. Siswa membedakan penggunaan to be ( kata bantu )
8. Siswa menuliskan 3 macam keterangan waktu untuk Present Continuous Tense
9. Siswa membuat kalimat Present Continuous Tense dengan kalimat sendiri.
C. Kegiatan Penutup.
1. Guru memberikan penegasan dan kesimpulan tentang pelajaran yang telah diajarkan.
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan hambatan dan kesulitan yang dialaminya selama proses belajar mengajar.
3. Guru memberikan tindak lanjut berupa penugasan dan PR.
4. Guru mengadakan evaluasi.
VIII. PENILAIAN
a. Prosedur : Penilaian hasil belajar dilaksanakan setelah KBM setelah evaluasi dilaksanakan.
b. Teknik : Tes Tulis
c. Bentuk : Pertanyaan berbentuk tulisan.
d. Instrumen :


(4) _______________
(7) _______________


II. A. Make Present Continuose Tense Sentences based on the pictures bellow


e. Kunci Jawaban
1. working
2. gardening
3. painting
4. using
5. digging
6. planting
7. helping
8. wearing
9. feeling
10. shining
II.
1. She is writting a paper now
2. He is playing a kite now
3. My mother is cooking some food now
4. Ani is painting the scenery now
5. Diana is talking the picture of butterfly now.
F. Pedoman Penilaian
1. Untuk bagian I, tiap jawaban benar diberi skor 1.
2. Untuk bagian 2, tiap jawaban benar diberi skor 3.
3. Jumlah skor maksimal
4. Nilai maksimal = 10
5. Nilai Siswa =
6. Rubrik Penilaian
No
Uraian
Skor
I
Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah tidak dijawab
1
0
II
Isi benar tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
3
2
1
0

Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran




_____________ _______________

NIP. 131472407 NIP. 132225329

Tidak ada komentar: